SKENARIO PEMBELAJARAN 1
Kelas : IV, Semester : I
Waktu : 2 x 40 menit
Kompetensi Dasar
Menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
Hasil Belajar
Mengenal kelipatan suatu bilangan
Indikator
Siswa dapat:
Menentukan kelipatan suatu bilangan
Menentukan kelipatan persekutuan dua bilangan
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan kelipatan persekutuan dua bilangan
Uraian Materi
Kelipatan adalah hasil perkalian antara suatu bilangan dengan bilangan asli
Contoh: Bilangan kelipatan 2 adalah 2, 4, 6, 8, 10, …
Bilangan kelipatan 3 adalah 3, 6, 9, 12, 15, …
Kelipatan persekutuan dua bilangan adalah kelipatan dua bilangan yang memiliki nilai sama.
Contoh: Kelipatan persekutuan antara 2 dan 3 adalah 6, 12, 18,…
Kelipatan persekutuan antara 4 dan 6 adalah 12, 24, 36, …
Media Pendukung
Untuk menerapkan kegiatan ini diperlukan beberpaa media pendukung sebagai berikut.
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Buku Paket atau buku penunjang
Alat Peraga
Langkah-langkah pembelajaran
Siswa dicek kembali kemampuannya dalam operasi perkalian yang telah dipelajari.
Siswa diberikan informasi mengenai indikator yang diharapakan dari kegiatan yang akan dilakukan
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan LKS I Bagian A dengan bantuan alat peraga (lihat lampiran 1) siswa yang kesulitan diberikan bimbingan terbatas.
Beberapa siswa diminta mengkomunikasikan hasil pekerjaannya di papan tulis, Jika ada yang memperoleh hasil berbeda, mereka disuruh menuliskan hasilnya di papan tulis.
Siswa diarahkan untuk mencermati pekerjaan temannya dan dibahas kembali bersama-sama hingga akhirnya diperoleh suatu kesimpulan.
Selanjutnya siswa kembali diarahkan untuk mengerjakan soal-soal pada LKS Bagian B dengan menggunakan konsep yang telah diperoleh sebelumnya.
Jika masih ada waktu, siswa kembali diberi soal latihan yang diambil dari buku paket atau dibuat sendiri oleh guru.
Siswa diarahkan untuk menyimpulkan konsep dalam kelipatan dan kelipatan persekutuan
Sebagai pemantapan siswa diberikan PR yang diambil dari buku Paket.
VII. Penilaian
Aspek kognitif dinilai dari hasil penyelesaian tugas dan tes
Aspek afektif dinilai melalui observasi selama kegiatan belajar berlangsung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar