Sabtu, 04 Oktober 2008

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (TAHUN 2007)

PENERAPAN MODEL PEMEROLEHAN KONSEP YANG DILANDASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NO 3 BANYUASRI


Oleh :

I Putu Eka Wahyu Juliasta


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa kelas IV di SD No 3 Banyuasri, (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No 3 Banyuasri pada tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 16 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data tentang keterampilan pemecahan masalah dikumpulkan dengan menggunakan tes essay yang disertai dengan wawancara dan data tentang tanggapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa. Pada siklus I rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah siswa mencapai 139,4 yang secara kualitatif tergolong ”baik”. Pada siklus II rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 154 yang tergolong ”sangat baik”. Pada siklus III skor rata-rata meningkat menjadi 170 yang termasuk dalam kategori ”sangat baik”. Secara kuantitatif rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah terus meningkat yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 14,6 poin dan dari siklus II ke siklus III sebesar 16 poin. Secara kualitatif terjadi peningkatan dari skilus I ke siklus II (dari baik menjadi sangat baik), sedangkan dari siklus II ke siklus III tetap. Sebanyak 93,75% siswa memberikan tanggapan yang sangat positif terhadap model pemerolehan konsep yang dilandasi pendekatan pemecahan masalah


Kata kunci : model pemerolehan konsep, pendekatan pemecahan masalah, keterampilan pemecahan masalah

Tidak ada komentar: